AKREDITASI TK ISLAM AN-NAJAH


Pada hari jumat tanggal enam bulan september tahun dua ribu sembilan belas ini, TK Islam ANNAJAH kedatangan Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (BAN PAUD) Jawa Barat.


Selain dalam rangka bersilaturahmi, kunjungan  ini dilakukan dalam rangka visitasi akreditasi TK Islam Annajah. Tim Asesor yang melakukan visitasi pada saat itu adalah Bapak Asep Mumung M.Pd dan Bapak Tori M.Pd, keduanya didampingi oleh Ibu Sri Herianti Gunadi, M.Pd yaitu sebagai pengawas PAUD TK Dinas Pendidikan Kota Depok.


Tim Asesor dari BAN PAUD Jawa Barat dan pengawas PAUD TK dari Dinas Pendidikan Kota Depok itu diterima langsung oleh Kepala TK Islam Annajah sendiri yaitu Ibu Dyah Prasetyo Rini S.Pd beserta jajaran guru lainnya.

TK Islam Annajah sendiri berdiri dari tahun 2015 dan berlokasi di Taman Melati Indah no. 28-29 kelurahan Duren Mekar kecamatan Bojong Sari kota Depok Jawa Barat. Pada tahun keempatnya Alhamdulillah sudah bisa melaksanakan akreditasi, semua ini tentu saja berkat kerja-sama yang baik diantara jajaran guru-guru dan Kepala Sekolah.

Jika Ayah Bunda bertanya sebetulnya apa sih yang dinamakan akreditasi itu, maka dapat dijelaskan bahwa Akreditasi itu adalah sebuah kegiatan penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional yang dalam hal ini adalah Badan Akreditasi Nasional PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini.

Tujuan Akreditasi :

Berdasarkan Keputusan Menteri pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002, akreditasi sekolah mempunyai tujuan, yaitu: (1) memperolah gambaran kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu; (2) menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan. Tujuan akreditasi tersebut berarti bahwa hasil akreditasi itu:

Memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan sekolah baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya.Memberikan jaminan kepada publik bahwa sekolah tersebut telah diakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional.Memberikan layanan kepada publik bahwa siswa mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan persyaratan standar nasional.

Manfaat Akreditasi :
Hasil akreditasi suatu lembaga pendidikan mempunyai beberapa manfaat bagi beberapa kelompok kepentingan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1.    Sekolah
-          Acuan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan rencana pengembangan sekolah.  
-          Bahan masukan untuk pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah.
-          Pendorong motivasi peningkatan kualitas sekolah secara gradual. 
-          Selain sebagai sekolah yang berkualitas, sekolah yang terakreditasi ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat maupun sektor swasta dalam hal moral, dana, tenaga dan profesionalisme.

2.    Kepala sekolah
-          Bahan informasi untuk pemetaan indikator keberhasilan kinerja warga sekolah termasuk kinerja kepala sekolah selama 1 periode (4 tahun).
-          Bahan masukan untuk penyusunan anggaran pendapatan dan belanja sekolah.

3.    Guru
-          Dorongan bagi guru untuk selalu meningkatkan diri dari bekerja keras untuk memberi layanan yang terbaik bagi siswanya.

4.    Masyarakat (wali murid)
-          Informasi yang akurat untuk menyatakan kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh setiap sekolah.
-          Bukti bahwa mereka menerima pendidikan yang berkualitas tinggi, sehingga siswa mempunyai kepercayaan terhadap dirinya bahwa ia mampu masuk dan bersekolah di lembaga pendidikan yang terakreditasi nasional.

5.    Dinas pendidikan
-          Acuan dalam rangka pembinaan dan pengembangan/peningkatan kualitas pendidikan di daerah masing-masing.
-          Bahan informasi penting untuk penyusunan anggaran pendidikan secara umum, dan khususnya anggaran pendidikan yang terkait dengan rencana biaya operasional Badan Akreditasi Sekolah di tingkat Dinas.

6.    Pemerintah
-          Bahan masukan untuk pengembangan sistem akreditasi sekolah di masa mendatang dan alat pengendalian kualitas pelayanan pendidikan bagi masyarakat yang bersifat nasional.
-          Sumber informasi tentang tingkat kualitas layanan pendidikan yang dapat dipergunakan sebagai acuan untuk pembinaan, pengembangan, dan peningkatan kinerja pendidikan secara makro. 
-          Bahan informasi penting untuk penyusunan anggaran pendidikan secara umum di tingkat nasional, dan khususnya program dan penganggaran pendidikan yang terkait dengan peningkatan mutu pendidikan nasional.  


|

Tidak ada komentar:

Posting Komentar